Pelaksanaan Gugus Tugas Covid-19 Satgas Transportasi Udara Di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

MAROS – pantau24jam.com. Situasi perkembangan Pelaksanaan Surat Edaran Dirjen Hubud Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Tranportasi Udara selama masa pelarangan Mudik Idul Fitri 1441 H dan Surat Edaran Satgas Nasional Covid-19 nomor Surat Edaran 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 bertempat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Jumat, 22/2020 pukul 00.01 s.d 18.00 Wita

Pelaksanaan Posko Gugus Tugas Covid-19 di Bandara Internasional Sultan Hassanuddin, beranggotakan Unsur Stakeholder sebagai berikut PT. Angkasa Pura I. TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, TNI AD Pomdam XIV/Hasanuddin & Kodim 1422/Maros, Kepolisian Resort Maros, Dinas perhubungan Prov. Sulsel, KKP Kelas I Makassar.

“Penerbangan Reguler, Charter Flight dan Cargo sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Adapun proses keberangkatan yang harus dilakukan oleh pihak operator penerbangan dan calon penumpang penerbangan domestik di periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yakni; Penerbangan Reguler, Charter Flight dan Cargo sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan”, ujar Om petugas bandara.

Melakukan pembatasan penjualan tiket maksimal 50% dari total kapasitas kursi pesawat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, jumlah penumpang maksimal 50% dari kapasitas.

“Dalam proses keberangkatan calon penumpang harus melalui Posko Covid-19 di Bandara Internasional Sultan Hassanuddin untuk melakukan verifikasi dokumen perjalanan, pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, untuk validasi seluruh dokumen guna mendapat clearance dari Satgas Transportasi Usaha sebelum pengambilan boarding pass di counter operator penerbangan masing-masing maskapai”, terangnya

Hasil pelaksanaan Gugus Tugas Covid-19 Satgas Transportasi Udara telah melaksanakan Verifikasi kesehatan dan dokumen perjalanan sebanyak 622 calon penumpang.

Situasi terminal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, secara umum terpantau aman terkendali. Dalam pemeriksaan suhu tubuh melalui alat thermo gun oleh pihak KKP Bandara tidak ditemukan adanya penumpang yang suhu tubunya diatas 38° Celcius.

Andiz / Kr Tompo

Pos terkait