Pengecekan Koran Bekas dari Negara Tiongkok di Los A, PD Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Telah dilaksanakan Elisitasi kepada Ilyas Pedagang Grosir Koran Bekas di Los A, tentang keberadaan Koran Bekas asal Negara Tiongkok d, PD Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Kel. Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Pada 08/4/2020, Pukul 12.30 WIB

“Koran bekas asal Negara Tiongkok tersebut diperoleh dari Distributor Cibitung, yang memang secara rutin menyuplai kebutuhan koran bekas di Pasar Induk Kramat Jati, Kebutuhan Koran bekas di Pasar sangat tinggi, digunakan sebagai alas peti atau alas keranjang yang digunakan sebagai packing buah-buahan”, ujar Ilyas.

Koran bekas tersebut tidak hanya berasal dari Negara Tiongkok, tetapi lebih didominan pengadaannya dari koran lokal, Koran bekas Asal Tiongkok tersebut adalag stock pada bulan Pebruari yang menurut pihak Distributor di impor pada tahun 2019. Kebutuhan Koran bekas di Los A perbulannya mencapai 3 ton dan dijual perkilonya dengan harga Rp. 10.000.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa kemungkinan penyebaran virus Corona Covid-19 melalui barang sangatlah rendah. Menurut Yuri, virus tidak dapat menular melalui benda mati.

Kalaupun menempel pada makanan, barang elektronik, atau pakaian yang dikirim dari luar negeri, virus itu kemungkinan telah mati saat sampai di tujuan. “Jadi, kalau makanan tidak dikhawatirkan. Yang lebih dikhawatirkan adalah penyebaran dari makhluk hidup yang diimpor,” kata Achmad Yurianto

Berdasarkan sejumlah literatur yang diterbitkan di Cina, virus tersebut baru bisa menyebar lewat percikan air liur. Selain itu, perantara lainnya adalah tinja. Namun, presentasinya sangat kecil. “Mengenai kekhawatiran ada lewat baju yang diimpor, sampai sekarang belum ditemukan,” ujarnya.

Elisitasi berarti adalah usaha mendapatkan sesuatu. Elisitasi juga berarti pemerolehan. Kamus bahasa Indonesia.

Andiz / Maryam

Related posts