Ahmad Riza Patria Politisi Gerindra Terpilih Jadi Wagub DKI Periode 2017-2022

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungguli pesaingnya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis dalam pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. Pemilihan wagub pendamping Gubernur DKI Anies Baswedan dilakukan DPRD DKI Jakarta di tengah darurat penanganan pandemi virus corona (Covid-19), Senin 6/4/2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan masker kain saat menghadiri Rapat Paripurna (Rapur) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Diketahui, rapur pemilihan dilaksanakan saat masih ada wabah virus Corona.

Terlihat Anies hadir di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Dia menggunakan masker kain hitam, selaras dengan warna jas yang dipakai.

Anies duduk di meja khusus untuk Gubernur DKI Jakarta. Meja tersebut berada di depan di samping kanan meja pimpinan Dewan.

Gubernur Anies dan pemerintah pusat sudah menganjurkan masyarakat menggunakan masker kain. Masker medis hanya untuk tenaga kesehatan yang sedang menangani virus Corona.

Sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP telah memberikan suaranya. Hadir 100 anggota DPRD Jakarta dalam pemilihan kali ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Riza mengatakan hanya membantu program yang telah disusun oleh Anies Baswedan.

“Tugas kami kalau sudah jadi baru mengikuti program. Tidak boleh ada gerakan tambahan. Wagub tidak boleh menambah program,” tutur dia ketika itu.

Awalnya, PKS yakin mendapat jatah kursi wagub DKI sesuai dengan kesepakatan mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Namun, dua nama yang diusung PKS, Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu menemui jalan buntu.

Setelah alot, Gerindra dan PKS akhirnya sepakat masing-masing mengusulkan satu nama untuk mengikuti pemilihan wagub DKI. Riza ditetapkan sebagai wakil gubernur DKI mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sukri / Andiz

Related posts