Diduga Operasi Razia Tanpa Izin Resmi Oleh Oknum Dinas Perhubungan Kab. Gowa

  • Whatsapp

GOWA – pantau24jam.com. Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perhubungan melaksanakan operasi yang umumnya ialah pemeriksaan kelengkapan surat tanda nomor kendaraan maupun pemeriksaan KIR kepada pengendara roda empat, mini bus, bus, truk serta angkutan umum di Jalan. Tun Abdul Razak/Hertasning Baru dekat Bundaran Kab.Gowa. Jum’at, 27/3/2020.

Beberapa orang petugas berpakaian lengkap khas Dinas Perhubungan Gowa dilengkapi dengan papan nama ukuran sedang bertuliskan PENGAWASAN DISHUB warna putih latar biru dipajang pada sisi bahu jalan.

Petugas meniup sempritan dan menunjuk serta memberhentikan kendaraan kemudian mengarahkan ke tepi jalan yang dianggapnya perlu diberi sanksi sembari memeriksa surat-surat kendaraan.

Garakan operasi yang dilakukan oleh oknum Dinas Perhubungan Gowa ini dipertanyakan oleh sejumlah media dan wartawan, tentang adanya surat perintah dari Kepala Dinas Perhubungan Gowa namun sayangnya para petugas ini hanya mengabaikan permintaan wartawan sebagai mitra pembangunan.

“Maaf kami tanya, apakah operasi Dishub hari ini ada Izin ya dari Kepala Dinas Perhubungan. Bukankah ada maklumat dari Kapolri agar tidak ada keramaian, nah disana khan mobil stop takut melintas mungkin surat kendaraannya tidak ada jadi ramai tuh pak disana menumpuk dua jalur”, ujar La Daeng dari Media pantau24jam.com.

Namun pertanyaan dari wartawan malah tidak dijawab hanya dibalas dengan senyuman kemudian melangkah pergi menghindari pertanyaan dari wartawan.

Selanjutnya, wartawan dari media Poros Rakyat juga memberikan pertanyaan ke petugas lainnya di seberang jalan.

“Tabe’ pak, selamat siang. Apakah ada koordinator operasi hari ini saya mau konfirmasi, saya minta surat izin razia tugas operasi atau izin operasi untuk publikasi di media kami”, kata Armin Anwar.

“Surat ijin operasi ada di kantor pak, wartawan dari mana ada surat tugasnya kah saya mau foto surat tugas wartawan dan sebentar saya kirimkan foto kegiatan ke media mu”, terang salah satu petugas Dishub Gowa ini nampak kesal.

Armin Anwar berusaha konfirmasi langsung ke Kepala Dinas Perhubungan Gowa H.Firdaus, namun telepon genggam Kadishub Gowa sulit tersambung dan hingga berita di rilis foto dokumentasi yang dijanjikan petugas operasi Dishub Gowa faktanya tidak ada.

Menurut warga yang berdomisili disekitar tempat operasi razia pengawasan Dishub Gowa mengatakan, bahwa telah banyak mobil yang mereka tahan dengan alibi surat kendaraan tidak lengkap.

Pengaturan mengenai pemeriksaan atau yang sering disebut razia kendaraan bermotor.

Pengaturan mengenai pemeriksaan atau yang sering disebut razia kendaraan bermotor di jalan dapat kita temui dalam Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“PP 80/2012”).

Surat perintah tugas paling sedikitnya memuat: alasan dan pola pemeriksaan Kendaraan Bermotor; waktu pemeriksaan Kendaraan Bermotor; tempat pemeriksaan Kendaraan Bermotor; penanggung jawab dalam pemeriksaan Kendaraan Bermotor; dan atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang ditugaskan melakukan pemeriksaan Kendaraan Bermotor.

Tempat Dilakukannya Razia Kendaraan Bermotor, Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala dan insidental dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Pemeriksaan yang dilakukan pada jalur jalan yang memiliki lajur lalu lintas dua arah yang berlawanan dan hanya dibatasi oleh marka jalan, ditempatkan tanda pada jarak paling sedikit 50 (lima puluh) meter sebelum dan sesudah tempat pemeriksaan.

Tanda harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga mudah terlihat oleh pengguna jalan. Pakaian seragam dan atribut tersebut ditetapkan oleh: Menteri bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dasar hukum: Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Andiz/Azis NR

Related posts