Pengawasan dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

MAKASSAR – pantau24jam.com. Situasi keamanan dan upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 dibandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, rabu 25/3/2020

Secara umum situasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terpantau aman dan terkendali, terminal Internasional terpantau sepi tanpa kegiatan, situasi kondusif.

Maskapai penerbangan Internasional untuk sementara dibatalkan semua (tidak beroperasi) namun untuk penerbangan domestik masing – masing maskapai berjalan dengan normal, namun terjadi penurunan jumlah penumpang sekitar 40 %.

Pada pukul 08.00 hingga 13.00 Wita, telah dilaksanakan pengawasan Flow kedatangan Maskapai penerbangan domestik di Kedatangan Internasional Bandara Sultan Hasanuddin dengan berbagai rute.

Di Area Tol Gate bandara dilakukan kegiatan penyemprotan Desinfectant terhadap kantor Airport Security Di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang dilaksanakan oleh petugas PT.Angkasa Pura Support Cabang UPG dalam rangka tanggap epidemi virus corona dan mencegah penyebaran wabah virus corona covid -19.

Rangkaian kegiatan diawali pengarahan oleh Muh Arsyad Spv. CS Out Door kepada anggota petugas yang melaksanakan giat Desinfeksi dilanjutkan PT.Angkasa Pura Support Cabang UPG melaksanakan proses disinfeksi dengan penyemprotan Desinfectran.

Dimulai dari Ruangan Airport Security Senior Manager dan ruangan para manager serta ruang kerja para staf Airport Security dan ruang fasilitas lainya serta gedung luar kantor Airport Security.

Siang hari, kegiatan desinfeksi gedung kantor Airport Security di bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan cairan disinfektan oleh petugas PT.Angkasa Pura Support Cabang UPG.

Di terminal Domestik (wilayah terminal kedatangan dan keberangkatan), untuk mendeteksi wabah corona petugas Avsec dan KKP Kelas I Makassar melakukan pemeriksaan suhu tubuh karyawan, penumpang dan calon penumpang dengan Thermal Scanner dan Thermal Gun, pemberian cairan Hand Sanytizer serta penerapan Sosial Distancing dibeberapa titik penumpukan penumpang dan antrian penumpang seperti Counter Check In, tangga/eskalator, kursi di ruang tunggu diberikan pembatas/tanda jarak.

“Hari ini Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar dan Avsec Bandara Internasional Sultan Hasanuddin melakukan pemeriksaan kepada para penumpang secara ketat dengan menggunakan alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia dengan menggunakan Thermal Scanner dan Themal Gun, dimana apabila ditemukan penumpang dengan suhunya lebih dari 38 derajat celcius maka akan di cek ulang suhu tubuh melalui observasi dan Body Clean Disinfection Health Quarantine, selanjutnya diarahkan kedalam ruangan karantina untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut”, ujar staf bandara yang enggan disebut namanya

Andiz

Pos terkait