Drama Kepemimpinan Lukman Kembali Dilantik Sebagai Kades Sapanang “Pengganti Antar Waktu”

  • Whatsapp

JENEPONTO – pantau24jam.com. Setelah bergelut dengan berbagai aturan, kepala Desa Sapanang dilantik di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto pada Kamis, 12/3/2020 sekira 10.05 Wita.

Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar, M.Si melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Sapanang Antar waktu Periode 2020-2021 dan memberikan sambutan.

Surat Keputusan Bupati Jeneponto, No.140/138/2020 Tentang Pemberhentian Plt.Kades Muh.Baharuddin Basuki SE dan mengangkat Lukman SE sebagai Kades Sapanang Periode 2020-2021.

“Hari ini kita saksikan bersama pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kades Sapanang, meski menjabat antar waktu selama hampir 2 tahun namun amanah dan tanggung jawabnya sangat besar, jauhi korupsi”, ujar Iksan Iskandar.

Karena itu saya berpesan, jaga amanah ini dengan baik, jabatan hanyalah daki-daki yang melekat. Buat seluruh pendukung kepala desa Sapanang, jangan lagi ada polemik, usahakan rangkul kembali. Mari hargai proses yang terhormat ini untuk dijadikan pengalaman yang sangat bernilai.

Drama kepemimpinan dan perjalanan proses pemilihan kepala desa Sapanang Kecamatan Binamu diakui menyita perhatian mulai dari pemerintah pusat hingga masyarakat terutama warga desa Sapanang. Lukman sempat menjabat kepala Desa Sapanang.

Lukman diawal kariernya sebagai kepala desa 31 Desember 2015 dan dianggap ilegal oleh beberapa Badan Perwakilan Desa (BPD) Sapanang karena proses pemilihan kades dianggap dipaksakan dan tidak memenuhi beberapa persyaratan diantaranya Lukman dianggap bukan warga asli Desa Sapanang karena warga baru dan terpilih sebagai kades, persoalan domisili inilah yang menimbulkan multi tafsir.

Lukman harus berhadapan dengan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar dan berakhir pemberhentian sebagai kepala Desa Sapanang pada September 2018 kemudian Camat Binamu Muh. Baharuddin Basuki Karaeng Lili ditunjuk oleh Bupati Jeneponto sebagai Pelaksana Tugas Kades Sapanang.

Selama hampir dua tahun menjabat Plt Kades Sapanang, Camat Binamu akhirnya memproses agar dilaksanakan pemilihan kepala desa pengganti antar waktu yang memilih adalah 75 orang dari para tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan dari berbagai Dusun di desa Sapanang dan terpilihlah kembali Lukman sebagai Kades Sapanang dengan perolehan 40 suara sah disaksikan langsung oleh Kapolres Jeneponto.

Pelantikan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Jeneponto Hj. Salmawati Paris SE, Kajari Jeneponto, Wakapolres Jeneponto, Kadis PMD Jeneponto, Forkopimda, rohaniawan dari Kementerian Agama Jeneponto, beberapa anggota DPRD Jeneponto, tokoh masyarakat desa Sapanang, serta insan pers.

Kr Pasang

Related posts