Menteri Agama RI Hadiri Pengembangan Wawasan Multikultural Lintas Agama Kanwil Kemenag Sulsel di Kota Makassar

  • Whatsapp

MAKASSAR – pantau24jam.com. Menteri Agama RI menghadiri kegiatan pengembangan wawasan multikultural lintas agama yang dilaksanakan oleh Kakanwil Kementerian Agama Prov Sulsel, diruang Angin Mammiri Hotel Dalton Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Senin 3/3/2020 sekira pukul 08.10 Wita

Sambutan H. Anwar Abu Bakar Kakanwil Prov. Sulsel mengatakan Index kerukunan Sulsel yang sangat baik di banding daerah yang lain di mana banyak agama, suku dan bahasa .

“Kegiatan ini di ikuti oleh tokok agama, tokoh masyerakat dan tokoh pemuda yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan dapat memajukan perkembangan Prov Sulsel dalam bidang pembangunan sumberdaya manusia dan infrastruktur”, ujar Anwar Abu Bakar Kakanwil Prov. Sulsel.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST dalam sambutannya mengatakan kerukunan di Prov Sulsel atas kerja sama dan resep sipakatau dan si pakalebbi, makassar adalah daerah merah di sebut pada Pilpres akan tetapi atas kerjasama para tokoh agama, tokoh Masyerakat dan tokoh pemuda pelaksanan pesta demokrasi dapat di laksanakan dengan aman dan lancar.

“Banyaknya persoalan yang kita hadapi di Prov Sulsel seperti adanya isu Narkoba, korupsi, radikalisme, sehingga untuk mewaspadai hal tersebut pada dasarnya kami melakukan imunisasi yang sementara sekolah terhadap adanya orang – orang yang senang menghasut dan dapat mepengaruhi orang lain dalam paham radikalisme”, terang Wagub Sulsel

Adanya sebagian orang sering menghasut melalui medsos tentang radikal yang menganggap agama lain tidak benar, sudah pasti orang begini mempelajari agama tidak sempurna. Adanya orang-orang yang melaksanakan aksi-aksi teror dan semua ini masyarakat mengartikan ada hubungannya dengan agama.

Apabila pemimpin sudah Duduk dipemerintahan mari sama-sama kita Doakan agar dalam selama menjabat bisa memimpin dan mengayomi masyarakat. Toleransi antar umat beragama agar selalu bergandengan tangan tangan sesuai dengan ideologi pancasila. Jelas H.Sudirman Sulaiman Wagub Sulsel.

Sambutan Menteri Agama RI Jend. TNI (Purn) H. Fachrul Razi mengatakan, senang berada ditengah-tengah para peserta yang hadir disini karena dengan diadakannya giat ini diharapkan bisa berkomunikasi dengan para pemuka agama dengan baik

Keanekaragaman merupakan ciri khas negara Indonesia, mari mengisi kemerdekaan dengan keanekaragaman tersebut tanpa ada perbedaan baik pandangan ataupun agama”

“Kementeian agama mengembangakan moderasi beragama dan ini sudah masuk dalam rencana jangka menengah nasional, yakni cara beragama dalam kaitan bersosialisasi dengan agama yang lain”, ungkap Menteri Agama RI.

Potensi ada pada semua agama, Presiden mengharapkan agar kedepan pelaksanan kegiatan keagamaan dipermantap sehingga Presiden tidak bingung akan menghadiri acara yang mana. Semua agama memberi apresiasi kepada semuanya dan mengajak agar perbedaan itu tidak diperdebatkan karena sudah merupakan ketetapan Tuhan.

Islam harus toleran, rukun dan itu merupakan bentuk kecintaan kepada Negara Indonesia. Pendidikan di Indonesia lebih besar dikelola oleh Pesantren dan Madrasah, sehingga diharapkan kedepan bisa melahirkan generasi yang toleran dengan antar pemeluk agama lainnya”

“Visi Indonesia terdiri dari 5 bagian yakni
kecepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan SDA, mengundang investor untuk berinvestasi agar bisa membuka lapangan kerja, reformasi birokrasi dan APBN yang tepat sasaran. Salah satu cara untuk mendatangkan investor yakni tingkat toleransi sangat tinggi sehingga dgn mudah investasi bisa masuk di Indonesia”, tegas Menteri Agama RI Jend. TNI (Purn) H. Fachrul Razi.

Kegiatan dihadiri oleh Dr Nurman Said MA (FKUB Prov SulSel), Pendeta S.SI M.SI ( FKUB Kota Makassar), Pendeta Atik Samarang M. th (PGIW Sulselbar), Pastor Vius octvianus (Keuskupan Agung kota Makassar), Roy Ruslim S. Pd. B ( Walubi makassar), I Wayan Nenta S. Os, SAg ( PHDI kot Makassar) dan sekira 300 tamu undangan.

Andiz

Pos terkait