DAHSYAT : Daun Kelor Bisa Dikonsumsi Untuk Menghindari Virus Corona

  • Whatsapp

Artikel Oleh : Dudy Supriyadi

JAKARTA – pantau24jam.com. Sudah saatnya masyarakat Indonesia meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang tinggi mengandung protein tinggi. Hal ini disampaikan oleh Spesialis Gizi Klinik, Dr Widjaja Lukito, PhD. Sp.GK sebagaimana dilansir dari Bergelora.com, Selasa 4/2/2020.

Penyebaran virus corona sudah sampai di Filipina. Seorang pasien dinyatakan meninggal karena terpapar Virus Corona. Demikian pula di pulau Jawa dan Bali Indonesia dinyatakan dua orang meninggal dunia.

“Dalam hal protein, yang terbaik itu adalah mengkonsumsi telur ayam kalau kesulitan mendapatkan daging dan ikan. Karena telur mengandung protein berkualitas yang tinggi. Daun Kelor juga tinggi protein dan melimpah di Indonesia, sehingga juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Staff Khusus Menteri Kesehatan RI 2006-2009 ini.

Berbagai makanan yang berprotein tinggi juga menurutnya juga terdapat pada ayam, bebek, daging sapi dan berbagai sumber proten nabati seperti tahu dan tempe.

“Saat ini lebih baik mencegah ketimbang harus mengobati setelah sakit. Jangan sampai perjalanan penyakit Virus Corona sudah tahap lanjut. Karena mengatasinya akan lebih sulit,” ujarnya.

Widjaja Lukito menjelaskan bahwa berdasarkan berbagai penelitian Daun Kelor memiliki kandungan protein, vitamin antioksidan, dan mineral yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

“Yang penting adalah tetap mempertahankan gizi seimbang dengan variasi jenis makanan bergizi tinggi. Daun Kelor bagus untuk menjadi suplemen meningkatkan daya tahan tubuh, melawan ancaman virus Corona,” demikian jelasnya.

Manfaat Daun Kelor yang Mengejutkan

Menurut berbagai sumber, tumbuhan dengan bunga yang wangi ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Wajar jika masih banyak orang yang enggan mengonsumsi daun kelor (Moringa oleifera) karena hal mistis yang terkait dengan daun kelor. Namun, anggapan ini bisa diubah setelah mengetahui kandungan daun kelor segar dan kering yang sangat mengejutkan.

Dalam https://doktersehat.com/kandungan-daun-kelor/ dipaparkan fakta kandungan daun kelor segar dan kering.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan ) Indonesia, daun kelor mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro. Pada tabel DKBM, terdapat informasi mengenai kandungan daun kelor tetapi tidak disebutkan daun kelor segar ataupun daun kelor kering.

Kandungan daun kelor menurut DKBM Indonesia mengandung 82 kalori energi; 6,7 gram protein; 1,7 gram lemak; 14,3 karbohidrat; 440 mg kalsium; 70 mg fosfor; 7 mg zat besi; 11300 IU vitamin A; 0.21 vitamin B; dan 220 mg vitamin C.

[Web Warouw] & Karpas

Related posts