Mengenal Lebih Dekat H.Suherman Pengurus PERPANI dan Mantan Atlet Panahan Andalan Sulawesi Selatan

  • Whatsapp

MAKASSAR – pantau24jam.com. Provinsi Sulawesi Selatan sejak dulu dikenal sebagai gudangnya atlet panahan dengan prestasi berskala internasional.

Salah satunya adalah H Suherman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

H.Suherman lahir di Kota Makassar, 26 November 1967, Suherman pernah menjuarai event hingga tingkat Asia. Kecintaannya terhadap olahraga ini dimulai sejak duduk di bangku kelas 2 SMP.

Lelaki yang akrab disapa H Herman itu juga menggeluti olah raga bela diri. Saat melihat sang kakak berlatih memanah di Stadion Mattoangin, timbul keinginannya untuk menguasai olahraga tersebut.

Setahun berlatih, H Herman sudah mulai ikut berbagai kejuaraan memanah tingkat daerah dan menyabet beberapa juara.

Saat duduk dibangku SMA, H Herman mulai bertarung di tingkat nasional. Tahun 1989, pada PON XII, H Herman memborong tiga emas, dua perak, dan satu perunggu. Posisi atlet ranking 1 dalam olahraga panahan pun disabetnya.

Karena prestasi itu, bapak empat anak ini pun mewakili Indonesia dalam berbagai kejuaraan berskala internasional. Seperti Singapura Open, Malaysia Open, Bangkok Open, hingga Asian Games di Beijing.

Pada kejuaraan-kejuaraan tersebut, H Herman selalu menyumbangkan medali.
Karena prestasinya dalam olah raga panahan, H Herman pun ditawari menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Waktu itu, Gubernur Sulsel dipimpin Gubernur H.Zainal Basri Palaguna. Terangkat sebagai PNS tahun 1994, dia ditempatkan di Biro Bina Sosial yang saat ini menjadi Biro Kesra sebagai pegawai golongan II.

Sambil bekerja, H Herman melanjutkan hingga menyandang gelar sarjana strata dua S2. Karirnya di birokrasi terus menanjak hingga saat ini dipercaya sebagai kepala Biro Kesra (Kesejahteraan Rakyat).

Namun, walaupun sudah disibukkan pekerjaan kantor, H Herman tak pernah lupa untuk terus berlatih memanah. Jika dulu dia berlatih untuk mengejar prestasi, saat ini lebih pada kebugaran tubuh.

“Saya sudah terlanjur jatuh cinta dengan olahraga ini. Apalagi, memanah merupakan olahraga kegemaran nabi. Olahraga ini kan sunnah rasul”, ungkapnya kepada media ini Ahad 16/2/2020.

Sebagai salah satu mantan atlet yang berprestasi, H Suherman saat ini juga dipercaya menjadi pengurus olahraga panahan. Salah satunya, sebagai sekretaris umum Pengurus Perpani Sulsel. Posisi itu sudah dua periode dipegangnya.

Dia juga pernah diberi amanah sebagai salah satu tim formator pembentukan kepengurusan Perpani Pusat. Dan hingga kini, H Herman dipercaya sebagai ketua Bidang Pelatihan Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Panahan PERPANI Pusat.

Olahraga Robin Hood itu ternyata empat anaknya juga terjun menuai prestasi. Anak pertamanya Aida Ayu Lestari, tercatat sebagai atlet panahan yang sudah mewakili Sulsel pada dua PON.

Anak kedua, Dwiki Fadil Nugraha juga merambah kejuaraan berskala internasional, serta menjadi wasit nasional kejuaraan panahan.

Anak ketiga Nadia Arhami pernah menuntut ilmu di Ragunan, sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi atlet berprestasi dan saat ini mengambil S1 di UNM. Sementara si bungsu Fuad Alfiansyah yang baru berumur 12 tahun, sudah mulai mengikuti berbagai kejuaraan daerah, seperti Porda mewakili Kota Makassar.

Suami Hj Ernawaty Syahrir ini mengatakan, olahraga panahan termasuk olahraga paripurna. Otak, otot, serta konsentrasi semua dilatih.

“Semua ada di dalamnya. Mulai atur pernafasan, harus punya feeling terhadap kecepatan dan arah angin hingga kelembaban udara. Secara fisik, dalam sekali latihan, kita harus mondar-mandir dari tempat memanah ke sasaran. Bisa sampai 200 kali. Pokoknya paripurnalah”, terang Hj Ernawaty Syahrir.

Andiz

Related posts