RSUD Jombang Siapkan Ruang Khusus Isolasi Untuk Pasien Penyakit Virus Corona

JOMBANG – pantau24jam.com. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang sudah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien yang terkena penyakit virus Corona. Ruang isolasi tersebut berada di bagian belakang, yakni bersebelahan dengan Paviliun Kenanga.

“Kami harap di Jombang tidak terjadi (penderita virus corona). Kalau pun ada, kita sudah siap. Kita sudah memiliki ruangan dan tim isolasi,” ujar Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran, Jumat 24/1/2020.

Dalam ruangan itu terdapat lima bed (tempat tidur) berikut peralatan medis dan sarpras (sarana prasarana) yang memadai. Ruang isolasi tersebut berkapasitas lima tempat tidur dan dilengkapi tekanan negatif.

“Di Ruangan ini juga terdapat APD (alat pelindung diri) seperti masker dan baju khusus. Alur pintunya bersifat one way atau tidak boleh kembali,” kata dr. Pudji Umbaran sembari menunjukkan ruangan tersebut.

dr. Pudji Umbaran menjelaskan, rumah sakit milik pemerintah yang ia pimpin tersebut menjadi rumah sakit rujukan regional Jawa Timur bagian tengah yang menampung lima kabupaten/kota.

“Sebagai rumah sakit rujukan, kita dituntut menyiapkan segala sesuatu terkait dengan adanya endemik ataupun kejadian luar biasa. Terutama saat ini sedang tren virus corona,” kata Pudji Umbaran,

Pudji memaparkan, virus corona menyebar dari hewan ke manusia. Namun belakangan penyebarannya sudah terjadi dari manusia ke manusia, yakni melalui percikan. Dapat melalui udara, baik yang keluar dari hidung maupun mulut.

Dihimbau agar masyarakat senantiasa menjaga stamina tubuh. Selain itu juga menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar. Apabila ada yang terserang sakit flu untuk segera memeriksakan ke dokter maupun puskesmas setempat. Dengan begitu, gejala penyakitnya bisa di ketahui dan diobati,” pungkasnya.

Agus7Haerah

Pos terkait