Diduga Bertindak Bagai Preman, Kapolsek Lembo Di Propamkan

  • Whatsapp

PALU – pantau24jam.com – Pengacara Elvis Katuwu, SH melaporkan Kepolsek Kecamatan Limbo Kabupaten Morowali Utara (Morut) Ipda Rubben Hehi, SH ke Propam (Di Propamkan) di Polda Sulawesi Tengah (Sulteng)

Terkait tindakannya bagai preman, menahan 7 warga tanpa surat perintah penahanan dan berita acara pemeriksaan (BAP).

“Ini mencederai penegakkan hukum, melanggar hak azasi manusia, merampas kemerdekaan warga Negara dan melanggar kode etik kepolisian Negara republik Indonesia. Makanya kami melaporkan Kapolsek Lembo IPDA Rubben Hehi ke Propam Polda Sulteng”, tegas Elvis Katuwu 22-1-2020

Elvis Katuwu adalah kuasa hukum dari 7 orang yang ditahan Kapolsek Lembo IPDA Rubben Hehi, SH, yakni Andi Labatjo Kompot, Azis Tamalagi (Ketua RT) dan 4 pelajar dan seorang remaja putus sekolah masing-masing Brian, Aldo, Rian, Boby dan Poda.

“Mereka itu ditahan pada 9 November 2019, dan dibebaskan 3 hari kemudian yakni tanggal 12 November 2019″, ujar Elvis yang diamini Azis Tamalagi dan Andi Labatjo Korompot.

Menurut Andi Labatjo Korompot, kronologisnya pada 9 November 2019, terjadi pemukulan terhadap Azis Tamalagi. Kejadian pemukulan itu di halam rumah Azis Tamalagi di Beteleme.

Kata Andi Labatjo adalah Fiter bersama 8 orang rekannya melakukan pemukulan terhadap Azis Tamalagi. Saat itu Fiter bersama rekan-rekannya lewat berboncengan dengan mengendarai 4 sepeda motor dari sebuah pesta.

Namun tidak ada masalah kenapa tiba-tiba melancarkan lemparan ke arah anak-anak remaja yang berstatus pelajar dan sedang mau makan malam di Dego-dego rumah pak RT Azis Tamalagi.

“Karena merasa tidak punya salah apa-apa dan tidak terima dilempari, maka anak-anak pelajar itu turun dari dego-dego rumah dan melayani Fiter bersama kawan-kawannya yang datang menggunakan sepeda motor berboncengan dari kampung sebelah yakni kampung Jamur Jaya. Fiter saat itu menepuk-nepuk dadanya sambil berkata saya anak buahnya Kapolsek Lembo Rubben Hehi”, jelas Andi Labatjo Korompot menirukan Fiter.

Ironisnya kata Andi Labatjo justru mereka mencoba melerai malah dipukuli oleh Fiter yang mengaku anak buahnya Kapolsek Rubben Hehi, justru kami malah ditahan, tanpa BAP ataupun surat penggilan atau surat perintah penahanan.

“Untuk menghindari perkelahian, Ketua RT Azis Tamalagi melerai, tapi malah Azis ini dipukuli beramai-ramai. Melihat kejadian itu saya langsung datang dan melerai mereka, agar tidak terjadi perkelahian, sekalipun Ketua RT Azis Tamalagi korban dipukuli”, ujar Andi Labatjo Korompot.

Andi Labatjo Korompot bersama Azis Tamalagi mengaku ditahan selama 3 hari, mulai 9-12 November 2019. Celakanya lagi tidak diperbolehkan ada keluarga yang datang menjeguk, termasuk Kepala Desa Beteleme.

“Kami benar-benar diisolasi dan hak kemerdekaan kami dirampas oleh pak Kapolsek. Bayangkan kelurga kami saja dilarang bertemu dan datang menjenguk kami,”terang Andi Labatjo Korompot yang diamini Azis Tamalagi dan pengacara Elvis Katuwu, SH.

Sementara itu Kapolsek Lembo IPDA Rubben Hehi, SH yang dikonfirmasi Kamis siang (23/1-2020), via chat di whatsappnya menuliskan substansinya tidak sesuai apa yang terjadi di Polsek Lembo.

Menurutnya langkah-langkah harkamtibmas yang dilakukannya sudah menunjukkan rasa keadilan dari dua belah pihak yang bermasalah, melalui pertemuan kedua belah pihak yang bermasalah yang dilaksanakan di Polsek Lembo. Dan sudah ada kesepakatan dari dua belah pihak yang bermasalah.

“Slamat siang pak. Andi.

Tanggapan saya terhadap laporan saya di Polda terhadap substansi nya tidak sesuai apa yg terjadi di Polsek Lembo.

Langka-langka harkamtibmas yg dilakukan SDH menunjukan rasa keadilan dari 2 pihak yang bermasalah, melalui pertemuan kedua belah pihak yg bermasalah yg dilaksanakan di Polsek Lembo.

Kejadian ini sudah lama yaitu pada tanggal 9 November 2019. Dan SDH ada kesepakatan dr dua belah pihak yg bermasalah. Sebagai tambahan saja, bahwa di balik masalah ini ada kepentingan lain dari orang tertentu.

“Demikian yg dapat saya sampaikan. Trimakasih banyak pak atas konfirmasinya”, tulis IPDA Rubben Hehi.

A.Attas A


Pos terkait