Diduga Asal Jadi, Bangunan TPT Nagori Bah Jambi III Dikhawatirkan Akan Tumbang

  • Whatsapp

JAMBI – pantau24jam.com. Bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) bersumber dari Dana Desa (DD) yang dikerjakan di Nagori Bah Jambi lll, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara diduga dikerjakan asal jadi dan dikhawatirkan tidak akan bertahan lama serta menghambur-hamburkan anggaran.

Menurut warga Bah Jambi lll, Selasa, (21/1) sekitar pukul 11.00 Wib yang tak ingin identitasnya dipublikasikan mengatakan, bangunan tembok penahan tanah itu dikerjakan asal jadi, volume material dikurangi untuk mengambil keuntungan besar dengan mengesampingkan ketahanan bangunan serta keselamatan warga sekitar.

“Agar tidak longsor atau tumbang, bangunan TPT seharusnya miring, bangunannya vertikal dan dari bawah sampai atas. Volumenya seharusnya dibawah lebih tebal dari bangunan atas. Coba abang lihat bangunan itu, pasti tidak lama hancur. Kita menduga pangulu atau TPK banyak makan uang dana desa”, ujarnya

“Harap pemkab Simalungun, Camat tanah jawa, pendamping desa teknik kecamatan, pendamping desa dan aparat hukum untuk turun periksa bangunan tersebut. Berbahaya kalau tidak bertindak, warga menduga mereka ada penyimpangan”, tambahnya.

Dari pantauan, dibawah tembok penahan tanah sudah mulai bocor dan rusak. Sayap samping (penahan tembok/red) juga tak ada. Ketebalan tembok dari bawah sampai atas hanya 40 centimeter. Seharusnya kemiringan 30 derajat namun faktanya tegak lurus dan untuk pengecoran menggunakan batu padas sehingga diduga kekuatan bangunan diragukan.

Melihat kondisi fisik bangunan,diperkirakan dalam waktu tidak lama bangunan tersebut akan tumbang mengingat besarnya beban tanah yang juga merupakan akses jalan dan kendaraan warga, terlebih bila tiba hujan.

Ketika dikonfirmasi Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Nagori Bah Jambi lll, Sri Wahyuni ke kantor pangulu tidak ditemui. Ketika diminta nomor teleponnya ke KAUR pemerintahan, yang bersangkutan menyebutkan TPK tidak miliki Handphone.

Sementara ketika dikonfirmasi kepada pangulu Nagori Bah Jambi lll, Rusman Nainggolan melalui selulernya tidak aktif dan pesan singkat yang dilayangkan hanya dibalas singkat, “Nanti kordinasi dengan warga yang buat pipa tersebut”.

So@loon

Pos terkait